Rinjani, gunung tertinggi kedua di Indonesia. (Net/Grafis: Adelia)
Rinjani, gunung tertinggi kedua di Indonesia. (Net/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

GUNUNG Rinjani terletak di utara Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan berupa gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl.

Memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang dikelilingi hutan dan semak seluas 76.000 hektar, tak pelak adrenalin pun naik.

Gunung Rinjani mempunyai kawah dengan lebar sekitar 10 kilometer dan terdapat danau kawah yang disebut danau Segara Anak dengan kedalaman sekitar 230 meter.

Dengan warna airnya yang biru bagaikan lautan, air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah dan mengalir melewati jurang yang curam.

Ada beberapa fakta yang menarik sebagai berikut:

#1 Gunung Berapi Kedua Tertinggi di Indonesia

Mempunyai ketinggian yang mencapai 3.726 m di atas permukaan laut, puncak Rinjani sebagai puncak gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah puncak gunung Kerinci di Sumatra.

Puncak Rinjani juga mendominasi background view pulau Lombok dari sebelah utara. Dan sampai saat ini tercatat sebagai gunung berapi aktif dengan letusan terakhir terjadi di tahun 2015.

#2 Dianggap Sakral

Masyarakat Lombok menganggap Gunung Rinjani sebagai gunung yang sakral dan mempunyai nilai spiritual. Warga setempat mempercayai bahwa gunung ini adalah pelindung Pulau Lombok. Tidak diragukan lagi masyarakat Lombok sering mengadakan upacara adat dan ritual keagamaan di Gunung Rinjani. Suku Sasak yang merupakan warga asli Lombok membangun rumah dengan menghadap ke arah Gunung Rinjani.

#3 Indahnya Danau dalam Gunung Rinjani

Inilah spot wisata yang bisa menyenangkan hati dan pikiran, layaknya hidup di dunia dongeng dengan pesona yang memukau.

#4 Terletak di Garis Wallace

Lokasi Gunung Rinjani terletak pada area perbatasan garis Wallace, mempunyai garis pertemuan flora fauna asiatis dan australis dalam perspektif ilmu Geografi. Hal ini membuat gunung kaya akan beragam flora dan fauna.

Ada beberapa banyak jenis hewan dan tumbuhan unik yang berkembang di antaranya adalah bunga edelweiss. Sementara untuk fauna nya terdapat lutung budeng, kijang, burung kolibri, hingga trenggiling.

#5 Memiliki Anak Gunung yang Sering Meletus

Sebagai gunung besar, Rinjani memiliki anak gunung yang bernama Gunung Barujari. Diketahui bahwa aktivitas vulkanik dari Gunung Rinjani justru berasal dari anak gunung.

#6 Gambarnya Pernah Menghias Uang Kertas

Eksotisme Gunung Rinjani beserta dengan Danau Segara Anak ternyata pernah diabadikan ke dalam uang kertas pecahan Rp10 ribu yang dikeluarkan Bank Indonesia pada tahun 1998.




Megahnya Sungai Terpanjang di Swiss, Aare

Sebelumnya

Percikan Sejarah Turki dan Lokantasi Nusantara

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon