Sungai Aare di Swiss. (Canva/Grafis: Adelia)
Sungai Aare di Swiss. (Canva/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

NEGARA Swiss mempunyai sejumlah sungai yang mengalir di berbagai wilayahnya, salah satunya adalah Sungai Aare. Bisa juga disebut Aar, inilah sungai terpanjang di negara yang terkenal dengan Pegunungan Alpen. Negara yang terletak di Eropa Tengah ini mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Dengan luas 41.284 kilometer persegi, negara ini dominasi oleh pegunungan.

Merupakan sungai terpanjang di Swiss

Sungai Aare memiliki luas 17.780 kilometer persegi dan panjang 288 kilometer. Aare adalah anak Sungai Rhine yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Eropa. Sungai Aare bermuara di Gletser Aare yang berada di pegunungan Alpen Bernese.

Uniknya, sungai ini melintasi 3 kanton yaitu Bern, Solothurn, dan Aargau. Bukan hanya itu, sungai ini juga melintasi empat danau yang ada di Swiss yaitu, Danau Brienz, Thun, Wohlen, dan Biel. Nantinya, sungai Aare akan berakhir di Koblenz dan memasuki sungai Rhine.

Masuk dalam kawasan konservasi

Dikarenakan beberapa dataran yang ada di pinggir Sungai Aare, area ini masuk kategori kawasan konservasi dan memiliki ekosistem yang sangat sensitif. Bagian yang harus dilindungi yaitu pinggiran sungai Aare antara Thun dan Bern.

Ekosistem yang sangat sensitif tersebut mengakibatkan daerah ini harus dilindungi. Masyarakat tidak boleh membuang sampah sembarangan dan tidak boleh mengganggu habitat maupun hewan yang ada di sungai.

Sebagai sumber listrik bagi kereta gantung

Kereta kabel bernama Marzilibahn atau Marzili Funicular, merupakan kereta dengan rute terpendek di Swiss yaitu sepanjang 105 meter yang terhubung di distrik Marzili yang berada di sebelah Sungai Aare dengan Gedung Parlemen dan juga pusat kota Bern. Kereta ini diluncurkan pada tahun 1885.

Air yang mengalir dari Sungai Aare dapat menggerakkan kereta gantung hingga ketinggian 31 meter.

Terdapat 17 jembatan yang membentang di atasnya

Aare adalah salah satu sungai terpanjang di Swiss memiliki 17 jembatan yang membentang di atasnya. Jembatan tertua di Swiss yang berada di sungai ini adalah Untertorbucke atau jembatan Untertor. Jembatan ini menghubungkan distrik Matte dengan Altenberg.

Memecahkan rekor rafting dunia

Pada tahun 2012, Sungai Aare berhasil memecahkan rekor dunia untuk rafting. Terdapat total 1.268 orang melalui sungai ini secara bersamaan dengan menggunakan perahu karet.

Kegiatan ini dilakukan dari Kiesen menuju Eichholz. Banyaknya jumlah orang yang mengikuti kegiatan ini, berhasil mengalahkan rekor sebelumnya, yaitu sebanyak 54 orang.

Terlepas dari keindahannya, bagi masyarakat Indonesia, sungai Aare justru identik dengan duka karena mengingatkan pada sosok Emmeril Kahn Mumtaz, putra sulung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang tenggelam terseret arus pada Mei 2022.  




Percikan Sejarah Turki dan Lokantasi Nusantara

Sebelumnya

Menengok Keindahan Pulau Anambas yang Masih Asri

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon