Jak Lingko, moda transportasi umum di Jakarta. (Tangselpos/Monitor)
Jak Lingko, moda transportasi umum di Jakarta. (Tangselpos/Monitor)
KOMENTAR

BERMULA dari OK Otrip, Jak Lingko adalah program transportasi ini satu harga untuk satu kali perjalanan yang dimunculkan oleh Transjakarta dari hasil Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah pemerintahan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Program ini memberikan penumpang membayar hanya satu kali bayar sebesar Rp5.000 (atau Rp3.500 selama masa uji coba) kemudian menggunakan berbagai layanan bus kecil hingga Transjakarta selama 3 jam. Program ini dianggap akan menurunkan biaya transportasi warga sebanyak 30 persen.

Kartu ini digunakan dalam sistem pembayaran yang berbeda dengan uang elektronik selama ini yang sudah berlaku. Kartu khusus OK Otrip tersedia dengan harga Rp40.000. Namun seiring perkembangannya, angkutan Jak Lingko jenis bus kecil (Mikrotrans) dapat diakses untuk masyarakat dengan tarif Rp0 menggunakan kartu Jak Lingko yang dapat dibeli dengan harga Rp30.000 (dengan saldo Rp10.000).

Kartu lama OK OTrip juga tetap dapat digunakan, begitu pula kartu JakCard dari Bank DKI. Per akhir November 2019, sudah terdapat lebih dari 50 rute bus kecil (Mikrotrans) Jak Lingko yang beroperasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kartu Jak Lingko generasi pertama dalam penerbitannya bekerja sama dengan Bank DKI, Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri.

Pada tanggal 15 Juli 2020, PT Jakarta Lingko Indonesia didirikan dengan komposisi saham MRT Jakarta sebesar 20%, Transjakarta sebesar 20%, LRT Jakarta sebesar 20%, dan Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ, perusahaan patungan MRT Jakarta-KAI) sebesar 40%. Jak Lingko Indonesia didirikan untuk mengelola dan mengintegrasikan sistem pembayaran pada semua angkutan umum di DKI Jakarta.

Rapat Terbatas ini menghasilkan sebuah kesepakatan yang pada akhirnya tertuang dalam bentuk Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 63 Tahun 2020 tentang Penugasan Sistem Integrasi Pembayaran Antarmoda Se-Jabodetabek.

Bakal pengembangan sistem ini namun tidak hanya terfokus pada tiket transportasi saja, dan juga dapat digunakan untuk tiket masuk berbagai event serta pembayaran seperti tagihan listrik, BPJS, dan pulsa HP. Super praktis.




Menjelajahi Keunikan Pantai Ngobaran

Sebelumnya

Resep Tradisional Cromboloni, Coba Yuk!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon