Pantai Ngobaran dengan segala keunikannya. (Canva/Grafis: Adelia)
Pantai Ngobaran dengan segala keunikannya. (Canva/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

PANTAI-PANTAI di pesisir deretan selatan Gunung Kidul tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Salah satu pantai yang unik adalah Ngobaran.

Terletak di Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, pantai ini menyimpan keunikan yang spesial ada juga biota laut dan keanekaragaman hayati yang bisa kalian temui di sekitar Pantai Ngobaran.

Berikut ini daftar keunikan Pantai Ngobaran:

Masjid dengan mimbar menghadap ke Selatan. Tempat ibadah di Pantai Ngobaran tidak hanya pura. Namun ada masjid yang terletak di dekat pura. Ada satu hal yang unik adalah mimbar masjid menghadap lautan atau selatan. Biasanya mimbar masjid menghadap barat atau arah kiblat. Selain itu, lantai masjid tidaklah ubin seperti masjid-masjid lainnya. Lantai masjid di Pantai Ngobaran berupa pasir putih.

Pengunjung bisa salat di masjid ini, tetapi setiap orang sebaiknya membawa alas agar nyaman, terutama ketika bersujud. Mempunyai mimbar menghadap ke selatan, namun salat harus tetap menghadap ke arah barat atau kiblat. Wisatawan juga bisa salat di Mushola lain yang ada di Pantai Ngobaran ini.

Sumber Air Tawar di Tepi. Salah satu keunikan Pantai Ngobaran yang kemungkinan besar tersembunyi dari kebanyakan wisatawan adanya sumber air tawar di tepi laut. Ada juga aliran air tawar yang bisa ditemukan ketika air laut sedang surut.

Untuk menjangkau sumber air tawar, bisa menuruni tangga yang telah ada di kawasan arca. Nantinya sesampainya di karang, akan ditemukan aliran air yang berasal dari bawah tanah. Air tawar membentuk kolam-kolam kecil yang berada di antara karang. Saat air laut pasang, sumber air tawar akan terendam oleh air asin.

Pemandangan Indah. Pantai Ngobaran menawarkan pemandangan yang begitu indah dengan pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, serta tebing yang menjulang tinggi. Pemandangan ini menjadikan Pantai Ngobaran sebagai tempat yang begitu sempurna untuk menikmati matahari terbit dan terbenam.

Keanekaragaman Karang. Pantai Ngobaran memiliki formasi karang yang sangat indah di sekitarnya. Kalian bisa melihat berbagai jenis karang, seperti karang batu dan karang lunak, serta terumbu karang yang menjadi rumah bagi berbagai jenis biota laut.

Ikan-ikan dan Organisme Laut. Di sekitar perairan Pantai Ngobaran juga hidup dengan beragam spesies ikan dan organisme laut lainnya. Kalian dapat menjumpai ikan-ikan kecil yang berenang di sekitar karang, moluska seperti kerang, dan krustasea seperti udang.

Rumput Laut: Rumput laut memiliki bagian penting dari ekosistem laut di sekitar Pantai Ngobaran. Rumput laut menyediakan tempat tinggal dan sumber makanan yang dapat dinikmati para pengunjung. Banyaknya spesies biota laut tentunya membantu menjaga keseimbangan ekosistem laut.




Resep Tradisional Cromboloni, Coba Yuk!

Sebelumnya

Jak Lingko Dulu dan Kini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon