Kepala BNPB dalam Malam Puncak Tangguh Award 2024 di Jakarta. (ANTARA)
Kepala BNPB dalam Malam Puncak Tangguh Award 2024 di Jakarta. (ANTARA)
KOMENTAR

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memiliki agenda tahunan yang sudah berjalan sejak tahun 2012 yaitu Tangguh Award.

Tangguh Award merupakan sebuah apresiasi dari pemerintah terhadap dedikasi para pegiat seni dalam mengedukasi masyarakat terkait kesiapan menghadapi bencana melalui karya-karya mereka. Ajang ini memberi ruang bagi karya kreatif para pegiat seni baik desain, fotografi, videografi, maupun musik yang peduli terhadap kelestarian lingkungan dan bencana alam.

Tangguh Award, dijelaskan oleh Kepala BNPB Suharyanto, adalah bentuk penghargaan bagi anak bangsa yang telah berkontribusi aktif mengedukasi masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana. Dan kontribusi tersebut menjadi penting agar masyarakat menyadari bahwa bencana adalah kejadian yang tidak dapat dihindari dan bisa berulang terjadi, namun bencana bisa diantisipasi dan dikelola dengan baik.

Dari gempa bumi, bencana hidrometeorologi, hingga tsunami, semuanya menjadi ancaman bencana alam yang tidak bisa dihindari. Hal ini mengingat Indonesia sebagai negara yang kaya potensi dan sumber daya alam sekaligus menjadi salah satu negara dengan risiko bencana alam tertinggi di dunia.

Data BNPB menunjukkan bahwa Indonesia mengalami 5.400 kejadian bencana sepanjang tahun 2023. Dari total tersebut, 95 persen di antaranya merupakan bencana hidrometeorologi seperti badai, banjir, dan tanah longsor.

Walaupun angka bencana naik 52 persen dibandingkan tahun 2022, dampak kerusakan dan jumlah korban jiwa berkurang signifikan berkat inovasi teknologi dan edukasi mitigasi bencana yang terus ditingkatkan.

Kepala BNPB menegaskan bahwa kesiapsiagaan dan pengelolaan risiko bencana sangat penting untuk melindungi masyarakat dari dampak yang lebih besar di masa mendatang. Karena itulah BNPB mendorong kolaborasi aktif dari pemerintah, pemangku kepentingan, serta masyarakat luas untuk mengoptimalkan kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana.

Pada penyelenggaraan tahun ini, tercatat 1.677 karya kreatif yang berkompetisi dalam Tangguh Award 2024. Karya tersebut terdiri atas 267 poster, 385 foto tunggal, 257 foto berseri, 202 video pendek, dan 206 jingle. Malam Puncak Penganugerahaan Tangguh Award 2024 digelar di Dome Park, Jakarta pada Sabtu (21/9).




Menjelajahi Keunikan Pantai Ngobaran

Sebelumnya

Resep Tradisional Cromboloni, Coba Yuk!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon