Seremoni pemberian penghargaan dari Menlu Belanda Caspar Veldkamp kepada Menlu RI Retno Marsudi (16/9) di Den Haag. (Instagram/@ministerbz)
Seremoni pemberian penghargaan dari Menlu Belanda Caspar Veldkamp kepada Menlu RI Retno Marsudi (16/9) di Den Haag. (Instagram/@ministerbz)
KOMENTAR

MENTERI Luar Negeri Belanda Caspar Veldkamp memberikan penghormatan kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat berkunjung ke Den Haag, Belanda pada 16 September lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Menlu Veldkamp mengapresiasi sosok Retno Marsudi melalui dua bentuk penghargaan. Pertama, anugerah Golden Order of Merit atas jasa-jasanya meningkatkan hubungan bilateral Belanda-Indonesia.

Dan kedua, sebuah penghargaan yang tidak disangka-sangka, yaitu memberi nama Tulip berwarna merah putih yang ada di Belanda dengan nama ”Retno Marsudi”.

”Retno Marsudi, kolega saya dari Indonesia, mengenal Belanda dengan baik. Ia pernah belajar di Belanda, menjadi duta besar perempuan Indonesia pertama di Den Haag dan rutin berkunjung ke sini sebagai Menteri Luar Negeri. Selama 12,5 tahun terakhir, beliau telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kuatnya hubungan bilateral antar-negara kita.

Oleh karena itu, merupakan suatu kebanggaan bagi beliau untuk menganugerahinya 'Design of Honor for Merit' (Golden Honor of Merit) atas nama Kementerian Luar Negeri. Hari ini kami juga menciptakan 'tulip Retno Marsudi', simbol mekarnya hubungan kita - tentu saja merah putih, warna bendera Indonesia.

Fakta bahwa harmonisnya hubungan kami terlihat dari kerja sama kami yang luas di tingkat politik, ekonomi, dan budaya. Tetapi juga dari keterlibatan pribadi kami di hari nasional masing-masing. Misalnya, awal tahun ini Menteri Marsudi menghadiri perayaan Hari Raja di Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, dan minggu lalu saya menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Den Haag,” tulis Menlu Veldkamp dalam akun Instagram @ministerbz.

Tak pelak, seremoni penyerahan yang diberikan langsung oleh Menlu Caspar Veldkamp diakui Menlu Retno Marsudi sebagai sebuah kehormatan. Ia pun lebih tersanjung lagi saat Menlu Veldkamp memberitahu namanya diabadikan sebagai nama Tulip di Belanda.

Menlu Retno menyebutnya sebagai ”sebuah kejutan yang menyenangkan”.




Kekuatan Super Perempuan Menurut Souad Jamal AlSerkal

Sebelumnya

Amika George, Aktivis Muda yang Berkampanye tentang Dampak Kemiskinan bagi Menstruasi Remaja di Inggris Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women