Pegunungan Alpen yang membentang sepanjang 1.200 kilometer. (Canva/Grafis: Adelia)
Pegunungan Alpen yang membentang sepanjang 1.200 kilometer. (Canva/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

JIKA Amerika Selatan terkenal dengan pegunungan Andes yang memiliki panjang 7.000 kilometer, maka Eropa memiliki pegunungan Alpen yang membentang sepanjang 1.200 kilometer.

Pegunungan Alpen menyuguhkan fakta-fakta menarik berikut ini:

Membentang dari Prancis ke Slovenia. Ada 8 negara yang bisa dilewati oleh pegunungan Alpen. Mulai dari barat ke timur, ada Prancis, Monako, Italia, Swiss, Liechtenstein, Jerman, Austria dan Slovenia. Di antara negara-negara itu, 28,7 persen pegunungan Alpen berada di Austria, 27,2 persen terletak di Italia, 21,4 persen berada di Prancis, dan 13,2 persen terletak di Swiss.

Membentang seluas 1.200 kilometer. Pegunungan Alpen membentang sejauh 1.200 kilometer atau setara dengan 750 mil. Lebarnya sekitar 250 kilometer dengan luas area 200,000 km2. Gunung-gunung yang berada di pegunungan Alpen terbentuk selama puluhan juta tahun pada saat lempeng tektonik Afrika dan Eurasia bertabrakan. Akibatnya, batuan sedimen laut naik dan menjadi pegunungan.

Puncak tertingginya adalah Mont Blanc: Mempunyai titik tertinggi pegunungan Alpen sekaligus yang tertinggi di Eropa, dan ketinggian 4.809 meter di atas permukaan laut. Letaknya berada di Prancis, namun dekat pula dengan negara tetangganya, Italia, jelas Macs Adventure.

Ditinggali oleh 30 ribu spesies satwa liar. Keanekaragaman hayati di pegunungan Alpen yang luar biasa. Di antaranya adalah ibex, beruang cokelat, marmot, elang emas, salamander, lynx, tupai merah, juga terwelu. Ada pula berbagai macam hewan yang bisa beradaptasi di lingkungan ekstrem dan dingin.

Koleksi flora yang tak kalah menakjubkan. Salah satu flora yang ada di Alpen adalah bunga Edelweiss, yang bisa ditemukan sampai ketinggian 1.200-3.400 meter di atas permukaan laut. Ada pula Eritrichium nanum, bunga cantik berwarna biru keunguan yang menghuni pegunungan berbatu di ketinggian 2.600-3.750 meter di atas permukaan laut.

Memiliki curah hujan tinggi dan salju abadi. Alpen memiliki curah hujan rata-rata berkisar antara 2.600 mm sampai 3.600 mm per tahun. Suhu rata-rata di bulan Januari adalah −5° sampai 4°C dan tertinggi adalah 8°C. Masih tergolong dingin. Jika berada di atas ketinggian 3.000 mdpl,  akan mempunyai salju abadi dan bersifat permanen.




Negeri di Atas Awan Itu Bernama Dieng

Sebelumnya

Mengenal Tangguh Award, Bentuk Apresiasi BNPB terhadap Dedikasi Pegiat Seni dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon