Keindahan Pulau Moyo di NTB. (Canva/Grafis: Adelia)
Keindahan Pulau Moyo di NTB. (Canva/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

KABUPATEN Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) mempunyai tempat wisata yang menarik dan menjadi tempat liburan favorit bagi para wisatawan dari dalam dan luar negeri. Terletak sekitar 15 kilometer sebelah utara dengan luas dataran mencapai 350 kilometer persegi, Pulau Moyo menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan lingkungan yang masih alami, serta belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Namun ternyata Pulau Moro sudah pernah dikunjungi pesohor dunia. Di tahun 1993, Putri Wales Diana Frances Spencer alias Putri Diana, pernah datang ke sini. Selain Putri Diana, banyak lagi sederet tokoh dunia terkenal yang berwisata ke Pulau Moyo. Di antaranya, ada nama penyanyi Mick Jagger juga pesepak bola David Beckham bersama keluarga. Pulau Moyo yang juga mempunyai julukan Creme De La Creme.

Apa yang membuat Pulau Moyo begitu menarik hati?

Pulau Moyo mempunyai panorama yang mengagumkan dengan garis pantai berpasir putih, air laut yang jernih, serta hutan tropis yang lebat. Kita akan disambut dengan pemandangan yang memesona sejak saat pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini. Membuat pengunjung terpukau dengan keindahan alam yang masih asli dan tak tertandingi.

Di Pulau Moyo juga terdapat Air Terjun Mata Jitu. Air terjun ini mempunyai ketinggian 7 meter bentuknya berundak, dengan air berwarna hijau. Dilihat dari tiang-tiang stalaktitnya, Mata Jitu diduga sudah ada sejak jutaan tahun silam. Tak heran bila Mata Jitu dijaga ketat, seperti tidak sembarang orang diperbolehkan mengunjunginya. Ditambah lagi adanya aturan pengunjung wajib pulang sebelum matahari terbenam.

Selain Mata Jitu, Pulau Moyo memiliki beberapa pantai yang indah terletak di lokasi yang berbeda. Ada pantai Tanjung Pasir, Raja Sua, Takat Sagele, Poto Jarum, juga pantai Brang Sedo.

Amanwana Resort menjadi satu-satunya penginapan super mewah yang terletak di tengah hutan. Resor ini menawarkan konsep bermalam di tenda mewah.

Tercatat ada 12 tenda mewah yang menempati area seluas 32 ribu hektare dengan pemandangan laut Flores yang indah. Amanwana mematok tarif penginapan Rp20juta per malam dengan berbagai fasilitas seperti sarapan, makan siang, makan malam, dan koneksi internet.

Untuk tiba di Pulau Moyo, rute pemberangkatan berawal dari dermaga pantai Jembatan Polak di kota Sumbawa Besar dengan waktu tempuh sekitar setengah jam. Pemerintah Kabupaten Sumbawa tidak mematok tiket masuk ke Pulau Moyo. Pengunjung hanya perlu membayar jasa angkutan laut, penginapan atau resort, serta biaya makan dan minum.




Surga di Jantung Kota Jakarta: Taman Menteng

Sebelumnya

Bakso, Kuliner Paling Populer di Indonesia yang Berasal dari Dinasti Ming

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon