Bakso yang disukai banyak masyarakat Indonesia. (Canva/Grafis: Adelia)
Bakso yang disukai banyak masyarakat Indonesia. (Canva/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

ADA satu kuliner di Indonesia yang tidak terbantahkan popularitasnya. Dikenal oleh segala lapisan masyarakat, popularitas makanan ini ‘selevel’ dengan rendang, sate, atau nasi goreng. Inilah bakso.

Bakso awalnya dibawa oleh saudagar Tionghoa, hingga kemudian bola daging ini mendapat tempat di hati seluruh masyarakat Indonesia. Bukan hanya penggugah selera, bakso juga menjadi saksi pembauran atau akulturasi budaya dari berbagai suku bangsa.

Bakso merupakan makanan yang sudah lama ada dengan cara pembuatan dan bentuknya mirip dengan bakso masa kini. Sebuah buku resep Romawi abad ke-5 bernama Apicius memiliki resep untuk membuat daging bulat seperti bakso.

Setiap bangsa memiliki resep dan cara membuat bakso mereka sendiri. Setiap orang memiliki cara tersendiri dan punya perbedaan dalam membuat bakso baik dari bahan, pencampuran, pengolahan, hingga cara penyajiannya.

Setidaknya lebih dari 40 negera memiliki resep khas untuk makanan ini. Namun pada dasarnya, semua resep itu mengacu pada hidangan berbahan dasar daging yang diolah dan dibentuk menjadi bola-bola.

Berikut ini beberapa fakta menarik tentang bakso yang sangat populer di Indonesia, dihimpun dari berbagai sumber:

Bakso Berasal dari Dinasti Ming (1368-1644) di Tiongkok

Ada sebuah kisah tentang seorang pemuda bernama Meng Bo ingin memasak daging yang empuk untuk ibunya. Ia terinspirasi dari kue mochi, snack beras ketan yang digiling halus, sehingga makanan ini terasa lembut.

Meng Bo lalu menggiling daging yang keras, membentuknya menjadi bola-bola kecil dan menyajikannya dengan kaldu panas. Pada awalnya, bola daging populer di kota Fuzhou. Seiring waktu, orang Cina telah mewariskan makanan ini dari generasi ke generasi.

Mulai Masuk ke Nusantara

Hal ini terlihat dari nama "bakso" yang berasal dari bahasa Hokkien "bak-so" yang secara harfiah berarti daging cincang. Pada saat itu penduduk Nusantara yang mayoritas beragama Islam tidak menggunakan daging babi sebagai bahan utama, melainkan daging sapi, kambing, ayam dan kerbau.

Akulturasi budaya juga terjadi, sehingga variasi resep bakso berbeda-beda tergantung lokasi. Rempah-rempah juga membuat bakso semakin nikmat di berbagai daerah di Indonesia.

Jenis Bakso Khas Indonesia

Hampir semua tempat di Indonesia memiliki menu yang unik-unik terdapat beberapa menu yang populer. Seperti Bakso Urat, Bakso Telur, Bakso Ikan, Bakso Udang, Bakso Balungan, Bakso Aci, Baso Tahu, Bakso Kerikil.

Beberapa daerah bahkan berkembang menjadi ikon “Kota Bakso” seperti Wonogiri, Solo, Malang, dan Karimunjawa. 




Surga di Jantung Kota Jakarta: Taman Menteng

Sebelumnya

Pulau Moyo di Sumbawa, Keindahannya Memikat Hati Pesohor Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon