Sosialisasi menyambut kedatangan 2 pengajar Bahasa Jepang di Bandung. (Kemenag)
Sosialisasi menyambut kedatangan 2 pengajar Bahasa Jepang di Bandung. (Kemenag)
KOMENTAR

DIREKTORAT Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menjalin kerja sama dengan The Japan Foundation melalui Program Nihongo Partners untuk pengiriman tenaga pengajar Bahasa Jepang di madrasah.

Pada tahap awal, kerja sama ini dilakukan dengan mendatangkan dua relawan pengajar native speaker Bahasa Jepang dari The Japan Foundation. Kedua relawan ini akan mengajar di dua Madrasah Aliyah Negeri (MAN), yakni MAN 2 Mojokerto, Jawa Timur dan MAN Bandung Barat, Jawa Barat.

Dua pengajar sudah tiba di Indonesia dan disambut di Kota Bandung dalam giat sosialisasi yang berlangsung tiga hari, 26-28 September 2024. Ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi awal yang digelar secara daring pada 3 Juli 2024.

“Program Nihongo Partners bertujuan untuk memperkenalkan Bahasa dan Budaya Jepang secara interaktif di lingkungan SMA/MA/SMK di Indonesia. Kehadiran para relawan di madrasah diharapkan dapat mempermudah siswa dalam mempelajari Bahasa Jepang dengan metode yang lebih kreatif dan menyenangkan, tidak hanya melalui platform virtual,” terang Higashi Haruko, mewakili Direktur The Japan Foundation Jakarta di Bandung, Kamis (26/9).

Sementara itu, Direktur KSKK Madrasah, M. Sidik Sisdiyanto mengucapkan terima kasih kepada para relawan yang datang jauh dari negeri Sakura untuk berbagi ilmu dan berbagi budaya dengan warga madrasah menjadi relawan untuk mengajar Bahasa Jepang di Madrasah.

“Program ini bagian dari kerja sama antara Indonesia dan Jepang melalui The Japan Foundation untuk mempererat hubungan Indonesia dan Jepang, serta memperkaya wawasan siswa madrasah mengenai budaya dan etika kerja Jepang,” ucap Sidik.

“Belajar Bahasa Jepang memiliki banyak manfaat, termasuk memperluas pemahaman tentang teknologi dan inovasi Jepang, yang diakui sebagai salah satu negara terdepan di bidang ini. Selain itu, budaya kerja Jepang yang menjunjung tinggi disiplin, kerja keras, ketepatan waktu, dan kerja sama tim dapat menjadi inspirasi bagi siswa dan pengajar di madrasah,” imbuhnya.

M. Sidik berharap kerja sama ini akan berkembang dengan penambahan jumlah native speakers untuk mengajar Bahasa Jepang di lebih banyak madrasah. Selain itu, ia juga berharap agar para relawan yang kembali ke Jepang dapat memperkenalkan budaya Indonesia, baik melalui relawan maupun program pertukaran pelajar, untuk semakin mempererat hubungan antar kedua negara.

“Program Nihongo Partners tidak hanya mendukung pengajaran bahasa, tetapi juga menciptakan jembatan budaya dan transfer teknologi yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah, sejalan dengan upaya peningkatan kualitas SDM di Indonesia melalui pembelajaran budaya asing yang relevan dengan perkembangan zaman,” tutup M. Sidik, seperti dilansir laman resmi Kemenag RI.




Putra Sulung Andi Arief Jadi Donor Hati untuk Sang Ayah

Sebelumnya

Israel Mulai Menyerang Beirut, Mungkinkah Ada Solusi Diplomatik?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News