Penandatangan kerja sama Kemenpora dan PB Peparnas (27/9) di Jakarta. (ANTARA)
Penandatangan kerja sama Kemenpora dan PB Peparnas (27/9) di Jakarta. (ANTARA)
KOMENTAR

PEKAN Paralimpiade Nasional akan segera digelar di Jawa Tengah pada 6-13 Oktober mendatang. Untuk penyelenggaraan tahun ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga mengucurkan dana sebesar Rp290 miliar yang disahkan lewat penandatangan kerja sama antara Kemenpora dengan PB Peparnas di kantor Kemenpora, Jakarta, pada Jumat (27/9). Penandatanganan kerja sama tersebut melibatkan kepolisian dan kejaksaan sebagai bentuk pengawasan penggunaan anggaran

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menjelaskan bahwa dana sebesar Rp290 miliar tersebut dikelola kepanitiaan PB Peparnas yang diketuai DB Susanto untuk menunjang seluruh kegiatan Peparnas 2024.

Kota Surakarta yang baru saja menyelenggarakan ASEAN Para Games 2022 sudah memiliki seluruh arena pertandingan dengan akses disabilitas sehingga tidak perlu membangun berbagai arena baru.

"Peparnas dipilih pindah ke Surakarta karena ada kepastian venue olahraga 100 persen sudah siap, dari bekas penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022, dan akomodasi perhotelan yang sudah dipersiapkan sejak menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022," kata Dito.

Ketua PB Peparnas 2024 DB Susanto menyebut pihaknya akan menggunakan anggaran dengan sebaik-baiknya untuk mendukung kegiatan Peparanas.

Kota Solo bersama dengan Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Karanganyar akan menjadi tuan rumah bagi 4.625 atlet dan ofisial serta ribuan pendukung dari 34 provinsi.

Peparnas XVII akan mempertandingkan 20 cabang olahraga.

Ke-20 cabor itu adalah para bulu tangkis, anggar kursi roda, para tenis meja, para panahan, judo tunanetra, para catur, para renang, voli duduk, tenpin bowling, sepak bola CP, goalball, tenis kursi roda, basket kursi roda, para menembak, para angkat berat, para atletik, para balap sepeda, boccia, para taekwondo, serta para e-sport.

Upacara pembukaan Peparnas XVII akan dilaksanakan pada 6 Oktober 2024 di Stadion Manahan, Solo. Adapun upacara penutupan akan diselenggarakan di lokasi yang sama pada 13 Oktober mendatang.




Kementerian Pertanian Kirim 100 Petani Muda untuk Magang di Taiwan Setiap Tahun

Sebelumnya

Siswa SMK Laboratorium Ciptakan Aplikasi Absensi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News