Konferensi pers INACRAFT (1/10) di JCC. (FARAH/Maulin Zahra)
Konferensi pers INACRAFT (1/10) di JCC. (FARAH/Maulin Zahra)
KOMENTAR

THE Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT), pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara kembali hadir. Pameran yang sudah terselenggara selama lebih dari dua dekade ini telah menjadi wujud nyata dari implementasi perkembangan dunia kerajinan kawasan Asia Tenggara dan Internasional.

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, dalam perjalanannya pada tahun  2022, INACRAFT memiliki sister event bertajuk INACRAFT On October. Untuk para pencinta produk craft dan fashion, INACRAFT on October Vol.3 diselenggarakan selama 5 hari pada tanggal 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).         

Pada edisi Ketiga ini, INACRAFT on October lebih memantapkan konsep YOUTHPRENEURS sebagai bentuk komitmen dan perhatian ASEPHI pada generasi muda yang berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya. Dengan memberikan wadah serta kesempatan seluas-luasnya, diharapkan para perajin dan pelaku usaha muda dapat meraih peluang pasar agar semakin dikenal dan sukses sebagai generasi penerus penjaga kekayaan budaya Indonesia.         

Salah satu bentuk upayanya adalah INACRAFT turut berpartisipasi dalam Kampanye “Beli Lokal”, sebuah kolaborasi antara Tokopedia, Shop Tokopedia, dan pemerintah untuk memberikan panggung bagi para pelaku UMKM dalam mendorong produk lokal menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.      

Oleh sebab itu, INACRAFT On October Vol.3 tahun ini mengangkat tema “Youthpreneurs, Make It at Market” dengan tagline “Totally Different”. Berbeda dengan INACRAFT sebelumnya, kali ini ASEPHI melakukan kurasi peserta pameran yang lebih ketat  Melalui pembagian zona berdasarkan jenis produk (zoning product).         

Dalam hal tersebut ASEPHI akan memudahkan pembeli dalam mencari produk-produk berkualitas di area pameran. Terdapat 8 Zoning Area dimulai dari area Main Lobby yang menjadi pusat area ikon INACRAFT on October Vol.3 yaitu Youthpreneur & Craft, serta beberapa homedecor dan houseware.         

Sementara untuk hall lainnya, seperti Assembly Hall akan dipadati oleh perhiasan dan aksesoris, beranjak ke Cendrawasih Hall yang menyajikan  Beragam kain seperti tenun, ikat, songket, dan kombinasi dari beberapa kain lainnya.

Setelah itu pada Hall A & Promenade dipenuhi oleh berbagai macam batik dari seluruh nusantara, berbeda dengan Lobby Hall A yang akan diisi oleh berbagai produk dan fasilitas dari para sponsor yang telah ikut berpartisipasi. Beralih ke Hall  B dan Lobby Hall B, pengunjung akan menemui berbagai jenis kombinasi produk, seperti batik, tas, dan kebaya.  

Di Plenary dan Connecting Plenary akan menyajikan miscellaneous craft, seperti gifts products, homeliving, serta decorative items. Tak ketinggalan pula pada hall ini, terdapat area Main Stage yang merupakan pusat acara INACRAFT on October Vol.3.

Pada area terakhir khusus F&B, terdapat Talam yang akan menyuguhkan beragam makanan & minuman dengan sentuhan cita rasa Indonesia akan berlokasi di Mezzanine dan Hall B. Selain adanya zoning, INACRAFT kali ini juga menghadirkan berbagai kegiatan pendukung (Insight Program), dirancang secara khusus untuk Gen-Z yang ingin mendalami dunia kerajinan dan seni budaya, sekaligus memperluas peluang bisnis dan jaringan pasar.

Pada tahun ini, terdapat beberapa Insight Program, di antaranya adalah INACRAFT Model Hunt (Kids & Teenagers), Young Fashion Design Competition, Fashion Show, Youthpreneurs (Main Lobby Icon), Cultural Performances, Craft Talks & Workshop, serta INACRAFT Appreciation Night.     

INACRAFT Appreciation Night akan memberian penghargaan kepada para perajin/artisan pendatang (termasuk non-anggota ASEPHI) untuk memperkenalkan karya yang memiliki potensi pasar menjanjikan di masa depan, serta menjadi inspirasi bagi pengusaha muda pelaku kreatif untuk keberlangsungan tradisi dan budaya Indonesia di industri kerajinan.         

Terdapat beberapa kategori penghargaan yang diberikan pada INACRAFT kali ini seperti INACRAFT Emerging & Youthpreneurs, Best Model Hunt (Kids & Teenagers), Best Young Fashion Design Competition, Best Booth (Individu & Dinas/UMKM), Delicious Talam, dan Penghargaan khusus Apresiasi Penjualan Komitmen (APK) Award kepada BPD/BPC ASEPHI terbaik.           

Secara teknis, INACRAFT on October akan menempati seluruh area Balai Sidang Jakarta Convention Center seluas 23.000 meter persegi dengan total peserta keseluruhan 897 stand. Total peserta Individu/Anggota ASEPHI sebanyak 784 peserta, sementara untuk peserta dinas sebanyak 80 stand. Kementerian/BUMN sebanyak 27 stand, dan peserta dari Luar Negeri sebanyak 6 stand. Terdapat juga 1 ikon dengan 20 island yang diisi oleh Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) & Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kemendag, PT Pelabuhan Indonesia (PELINDO), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pertamina, dan lainnya. Selain itu, terdapat peserta non-anggota sebanyak 96 peserta dan Talam INACRAFT sebanyak 71 peserta.

Mempertimbangkan situasi ekonomi nasional dan dunia saat ini, panitia tetap optimis dan menargetkan 100.000 pengunjung dan buyer dari  luar negeri sebanyak 500 pengunjung, serta menetapkan target transaksi retail sebesar 100 miliar rupiah dengan kontrak dagang diharapkan mencapai USD 1,2 juta.        

INACRAFT On October 2024 turut dihadiri President World Craft Council International & WCC Asia Pacific Regions karena ASEPHI merupakan National Entity Member dari organisasi kerajinan dunia tersebut. INACRAFT On October tahun ini didukung Bank Negara Indonesia (BNI), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pos Indonesia, Canva, Tokopedia, dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) sebagai sponsor.

 

Reportase: Maulin Zahra & Bunga Gadis Anandyna




LEGO di ICFest 2024: Hadirkan Lebih Banyak Kesempatan Learning Through Play bagi Anak-Anak di Seluruh Dunia

Sebelumnya

Wujudkan Jantung Indonesia yang Lebih Sehat, Heartology Menggunakan Musik untuk Menyampaikan Pesan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E