Ragam motif batik Nusantara. (Pinterest/pngtree)
Ragam motif batik Nusantara. (Pinterest/pngtree)
KOMENTAR

TANGGAL 2 Oktober dinyatakan sebagai Hari Batik Nasional, inilah beberapa motif batik yang populer dan disukai banyak kalangan.

Saat ini, model baju batik sangat beragam, mulai dari jas, vest, blus, mini dress, outer, dan masih banyak lainnya. Beragam desain kekinian bertujuan untuk mengajak anak-anak muda menyukai dan gemar berbatik dalam berbagai kesempatan.

Berikut ini motif-motif batik yang paling diminati masyarakat di Tanah Air:

Batik megamendung

Berasal dari kota Cirebon, motif batik ini identik dengan gambar awan dengan garis meliuk-liuk yang khas. 

Batik ini memiliki dua warna dasar, yakni merah dan biru. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, masyarakat mulai memberikan gradasi dan pilihan warna yang lain nya, sesuai dengan kebutuhan.

Barik parang

Motif huruf “S” yang diagonal pada batik Parang menggambarkan keselarasan antara atas dan bawah. Huruf S-nya sendiri terinspirasi dari bentuk ombak laut yang tidak pernah padam. 

Menyatunya huruf ini memiliki arti sesuatu yang selalu menyambung dan tidak pernah putus, termasuk dalam perjuangan, tali persaudaraan, atau aspek pembenahan diri. 

Makna yang dimiliki oleh motif batik ini berfilosofi yang dalam, mengingat batik ini sudah ada dari zaman Keraton Kuno, serta merupakan motif batik tertua.

Batik kawung

Seperti namanya, gambar dalam batik Kawung berasal dari buah kawung atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan buah kolang-kaling. 

Susunan buah kawung pada batik ini menggambarkan fase kehidupan manusia, agar pemakainya tidak melupakan eksistensi dan asal-usul dirinya sebagai manusia.

Batik tujuh rupa

Batik ini kental dengan alam, yakni mengangkat tema flora atau fauna ke dalam gambar batik itu sendiri. Berasal dari Pekalongan, batik ini merupakan hasil perpaduan dari budaya lokal dan China. 

Hal ini dikarenakan tanah Pekalongan yang dulu dijadikan tempat persinggahan para pedagang yang datang dari berbagai negara, termasuk China.

Batik prada

Batik yang bernuansa glamor ini tergolong batik dengan harga yang mahal. 

Motif berupa paduan antara gambar dan warna ini menjadi mahal karena menggunakan warna emas, sehingga menghasilkan motif yang extravagant.




Ini Urutan Skincare Routine yang Wajib Kamu Tahu

Sebelumnya

NINA NUGROHO Buka Offline Store Kedua di Trans Studio Mall Cibubur

Berikutnya

KOMENTAR ANDA