Ilustrasi tim yang merayakan keberhasilan bersama. (Freepik/vecstock)
Ilustrasi tim yang merayakan keberhasilan bersama. (Freepik/vecstock)
KOMENTAR

MENAPAKI jalan kesuksesan nyatanya tidak bisa dijalani seorang diri. Seorang pengusaha besar sekalipun, dia bisa meraih kesuksesan dan bergelimang harta tentunya dengan dukungan orang lain.

Secara sederhana, dukungan bisa kita artikan sebagai bantuan yang diberikan untuk orang lain, baik dalam bentuk moril mapun materi, yang bisa berkontribusi dalam kemajuan orang tersebut.

Menurut Business Trainer Deden Hermaddin, ada 3 alasan mengapa seseorang membutuhkan dukungan untuk bisa meraih kesuksesan dan mempertahankan kesuksesan tersebut.

Pertama, kita adalah makhluk Tuhan yang tidak bisa berdiri sendiri

Fitrah manusia adalah sebagai makhluk yang memerlukan orang lain alias makhluk sosial. Memang ada orang yang serba bisa, tapi dia tetap tidak bisa menjalankan hidupnya seorang diri. Setiap hari, kita pasti berinteraksi dengan orang lain dan mendapatkan dukungan dari orang lain.

Chef profesional yang dikenal jago mengolah aneka bahan makanan juga membutuhkan petani, peternak, dan produsen bumbu masakan untuk bisa menghasilkan hidangan lezat yang menggugah selera.

Kedua, kita memiliki kekurangan yang dapat ditutupi oleh kelebihan orang lain

Kita tahu bahwa tidak ada manusia sempurna di muka bumi ini. Walau kita mendapati diri kita mempunyai banyak kebisaan, tetap saja kita memiliki kekurangan yang dapat memengaruhi kelancaran urusan kita.

Nah, di sinilah kita membutuhkan dukungan orang lain. Bahkan Mike Tyson sekalipun, dia mempunyai pelatih yang memberikan dukungan berupa arahan dan pengetahuan seputar teknik tinju. Sang pelatih mungkin tak punya tenaga sebesar Mike Tyson, tapi tanpa teknik dan strategi yang diajarkan sang pelatih, Tyson mungkin tak bisa meraih kesuksesan bertubi-tubi.

Atau seorang pengusaha sukses yang ingin membuat biografi tentang perjalanannya merintis usaha. Dia mungkin memiliki segudang pengalaman untuk dibagikan, tapi tidak memiliki kemampuan mumpuni untuk menuliskannya dengan sistematis. Untuk itu dia membutuhkan penulis untuk mendukung agar gagasannya bisa terwujud.

Ketiga, semua pencapaian yang kita raih nyatanya ditopang oleh orang lain

Cobalah kita merenung sejenak. Kita memang berjuang keras untuk bisa menempati posisi kita saat ini. Tapi cobalah mengingat-ingat dengan baik, tentunya ada support system yang dengan dukungan merekalah kita bisa fokus mengejar impian. Dan jika mau berbesar hati mengakuinya, ternyata semua pencapaian yang kita raih ditopang oleh tangan orang-orang terdekat kita.

Maka jika ingin mempertahankan kesuksesan agar tidak hanya bisa dinikmati sesaat saja, jangan ragu meminta dukungan dan menghargai dukungan yang diberikan untuk kita.




Gen Z dan Upaya Mengatasi Tantangan Sandwich Generation

Sebelumnya

3 Cara Meningkatkan Quality Time Pasangan Suami Istri

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family