Roblox/Net
Roblox/Net
KOMENTAR

DIBALIK kepopulerannya, gim Roblox berpotensi menimbulkan kekerasan seksual bagi anak.

Hal itu terungkap dalam Riset Hindenburg yang menyatakan bahwa Roblox tidak aman bagi anak-anak dan akan menjadi ancaman bagi kesehatan mental anak di masa depan.

Laporan Hindenburg juga menuduh Roblox memperlihatkan anak-anak pada pelecehan seksual, pornografi, konten kekerasan, dan ujaran yang sangat kasar. 

Dikutip dari Business Insider, laporan Hindenburg bukanlah yang pertama yang merinci kekhawatiran tentang anak-anak yang menggunakan platform tersebut. Pada bulan Juli, Bloomberg menerbitkan sebuah cerita yang diberi judul Masalah Pedofil Roblox.

Kepala pengasuhan anak di aplikasi kontrol orang tua Bark dan penulis Parenting in a Tech World, Titania Jordan mengungkap salah satu masalah keamanan pada aplikasi Roblox. 

Menurutnya, aplikasi gim online tersebut berisiko membuat anak-anak sebagai penggunanya berinteraksi dengan "predator" dalam sebuah obrolan. 

"Seperti banyak platform permainan lainnya, Roblox memiliki elemen pengawasan mandiri termasuk moderator dan aturan, tetapi selalu ada cara bagi individu dengan niat yang salah untuk masuk ke platform dan masuk ke ruang obrolan anak Anda," kata Jordan, dilansir dari Parents. 

Dia merujuk pada kasus 2019 di Inggris di mana seorang ibu mengetahui bahwa putranya sedang didekati oleh seorang predator di platform tersebut yang berujung pada penerimaan gambar-gambar eksplisit secara seksual di aplikasi chatting pihak ketiga yang tidak berafiliasi dengan Roblox. 

Risiko lainnya adalah paparan konten yang tak pantas bagi anak-anak melalui gim buatan pengguna yang menampilkan konten dewasa, seperti simulasi tindakan seks, gambar grafis, dan bahasa yang tidak pantas.

Roblox adalah sebuah platform gim online yang memungkinkan pengguna untuk membuat permainan dan pengalaman virtual mereka sendiri menggunakan kreasi buatan pengguna lainnya. Diluncurkan pada 2006, Roblox telah berkembang menjadi salah satu komunitas game terbesar di dunia dengan lebih dari 150 juta pengguna aktif bulanan.

Gim ini berbasis sandbox yang memungkinkan para pemainnya untuk membuat konten dan bermain game buatan pengguna lain. Roblox juga dapat dimainkan di PC, smartphone, dan konsol game. Platform ini menyediakan alat dan sumber daya bagi para penggunanya untuk membuat pengalaman bermain mereka sendiri menggunakan bahasa pemrograman Lua yang disederhanakan.

Roblox juga memiliki pasar virtual di dalamnya di mana para pembuat konten dapat menjual item seperti pakaian, aksesoris, dan asset game kepada pengguna lain dengan menggunakan mata uang virtual bernama Robux. [F]




Peluncuran Buku Karya Menteri-Menteri Kabinet Indonesia Bersatu I Periode 2004-2009: Memotret Solidaritas dan Perjuangan Mengatasi Persoalan Bangsa

Sebelumnya

Erick Thohir: Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Berkembang Semakin Baik

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News