La Giralda di Sevilla. (Canva/Grafis: Adelia)
La Giralda di Sevilla. (Canva/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

MENARA Giralda atau La Giralda adalah landmark terkenal di Kota Sevilla, Spanyol yang memiliki sejarah yang menarik.

Menara Giralda memiliki tinggi sekitar 104 meter dan terkenal dengan desain rampingnya yang tidak memiliki tangga, melainkan jalan melingkar yang memungkinkan naik ke puncak dengan kuda atau naik kaki.

Dikutip dari Britannica dan History Hit, awalnya Menara Giralda merupakan menara minaret dari Masjid Sevilla yang dibangun pada abad ke-12 pada masa kekuasaan Moor di Spanyol. Menara dirancang oleh arsitek muslim merupakan salah satu contoh arsitektur Moor terbaik di Spanyol.

Namun setelah Reconquista Spanyol oleh Raja Ferdinand III dari Kastilia pada tahun 1248, Masjid Sevilla telah diubah menjadi Katedral Sevilla.

Tokoh yang membangun Menara Giralda adalah Khalifah Abu Ya’qub Yusuf, kemudian dilanjutkan oleh putranya Khalifah Abu Yusuf Yaqub al-Mansur. Proyek pembangunan menara dilanjutkan oleh putra Abu Ya’qub Yusuf, Abu Yusuf Yaqub al-Mansur, di tahun yang sama setelah naik takhta sebagai khalifah ketiga dari Dinasti Muwahidun. Pembangunan menara sempat kembali berhenti dan baru dilanjutkan pada 1188.

Adapun fondasi menara dibuat oleh Ahmad bin Baso. Pengerjaan badan utama menara dari bahan batu bata kemudian dilakukan oleh seorang arsitek Maghrebi bernama ‘Ali al-Ghumari. Ada pula peran arsitek Sisilia, Abu Layth Al-Siqilli, yang menyelesaikan pembangunan puncak menara.

Adapun dari batu batuan, bahan yang digunakan untuk bisa membangun menara berasal dari marmer daur ulang dari monumen kuno era Daulah Umayyah. Untuk pembangunan Menara Giralda akhirnya selesai pada 10 Maret 1198. Ada di puncak menara, terdapat empat bola logam mulia, untuk memperingati kemenangan Khalifah Abu Yusuf Yaqub al-Mansur atas Alfonso VIII dari Kastilia, empat tahun sebelumnya.

Kemudian masjid yang selesai dibangun lengkap dengan menaranya diberi nama Masjid Agung Almohad atau Masjid Agung Sevilla, karena dibangun oleh Dinasti Almohad yang memerintah Sevilla pada masa itu.

Menara Giralda dipandang sebagai salah satu contoh keunggulan arsitektur era Almohad. Selain juga bisa berfungsi sebagai tempat mengumandangkan azan, menara ini juga digunakan sebagai observatorium astronomi oleh umat Muslim.




Rahasia Nutrisi dan Energi Tersembunyi di Punuk Unta

Sebelumnya

Pesona Alam Labuan Bajo yang Tak Terbantahkan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon