Fashion show dalam closing ceremony Jakarta Muslim Fashion Week 2025 pada Sabtu (12/10) di ICE BSD. (YouTube Kementerian Perdagangan)
Fashion show dalam closing ceremony Jakarta Muslim Fashion Week 2025 pada Sabtu (12/10) di ICE BSD. (YouTube Kementerian Perdagangan)
KOMENTAR

DIREKTUR Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Mardyana Listyowati resmi menutup Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025 pada Sabtu, (12/10). Pameran dan peragaan busana modest fashion bertaraf internasional ini berhasil mencetak transaksi potensial 20,4 juta USD. Nilai tersebut melampaui target transaksi yang ditetapkan, yaitu 3 juta USD.

“Alhamdulillah, JMFW 2025 berhasil mencetak transaksi potensial sebesar 20,4 juta USD. Nilai tersebut dicapai dari penjajakan kesepakatan bisnis (business matching) yang merupakan bagian dari rangkaian JMFW 2025. Kami bersyukur, nilainya melebihi target yang ditetapkan sebelumnya sebesar 3 juta USD. Hal ini merupakan bukti industri modest fashion Indonesia memiliki potensi besar untuk terus berkembang,” ujar Mardyana.

Mardyana mengungkapkan, JMFW 2025 menghadirkan 239 jenama kebanggaan tanah air dengan menampilkan lebih dari 1.000 koleksi fesyen. Selain itu, keberagaman desain yang memadukan kearifan lokal dengan tren global menjadi salah satu daya tarik kuat dari JMFW 2025 ini. Mardyana mengapresiasi kesuksesan JMFW 2025 ini.

“JMFW 2025 telah berjalan dengan baik. Kami bangga atas terlaksananya berbagai rangkaian kegiatan JMFW 2025 yang meliputi peragaan busana, pameran dagang, penjajakan kesepakatan bisnis (business matching), gelar wicara, dan kompetisi desain tekstil. Kementerian Perdagangan terus mendorong kemajuan industri modest fashion di Indonesia,” imbuh Mardyana.

JMFW 2025 dilaksanakan bersamaan dengan TEI ke-39 pada 9—12 Oktober 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang, Banten. Ajang tersebut mengusung tema “Mark Ink” yang bertujuan menandai Indonesia dalam mengukuhkan diri sebagai salah satu negara berpengaruh dalam industri modest fashion dunia.

Mardyana menambahkan, penyelenggaraan JMFW 2025 selama empat hari ini sukses mendatangkan sekitar puluhan ribu pengunjung yang terdiri dari pelaku industri, masyarakat, hingga buyer dari berbagai negara. Selain itu, sebanyak 56 negara berpartisipasi dalam penjajakan kesepakatan bisnis, seperti Jepang, Paris, Belanda dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan eksistensi industri modest fashion Indonesia yang semakin kokoh. 

Penutupan JMFW 2025 dipersembahkan Bank Indonesia (BI) sebagaimana semangat JMFW dalam penguatan ekosistem dengan pemangku kepentingan terkait. JMFW merupakan jembatan menuju penyelenggaraan Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) yang akan dilaksanakan pada 30 Oktober--3 November 2024 mendatang di Jakarta Convention Center.

Pada kesempatan tersebut, Mardyana menyaksikan penandatanganan pernyataan bersama (joint statement) antara L'adresse Paris Agency dengan Islamic Fashion Institute (IFI) dan delapan jenama dalam negeri. Adapun kedelapan jenama tersebut yaitu Shiroshima Indonesia, Jenna and Kaia, Artkea, Party, Khasoe, Adia Lavani, Varyan, dan Christin Wu. Penandatangan pernyataan bersama ini merupakan fasilitasi dari Atase Perdagangan Paris.

Berikutnya, Mardyana juga menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Kamar Dagang dan Industri Singapura (Singapore Malay Chamber of Commerce and Industry) dengan PT Kreasi Kriya Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membuat industri modest fashion Indonesia semakin dikenal secara global.

Penutupan JMFW 2025 menampilkan jenama kebanggaan Indonesia yang meliputi Irmasari Joedawinata X Rumah Kreatif Sekomandi dari Kantor Perwakilan (KPw) BI Sulawesi Barat, Qolbi dari KPw BI Jambi, dan Fenny Saptalia dari KPw dari BI DKI Jakarta.

Berikutnya BI Present Dedensiswanto for Satoekultur, Gorgeous Indonesia dari KPw BI Jawa Barat, dan Ronald Moreno dari KPw BI Kepulauan Riau. Selain itu, JMFW 2025 terlaksana berkat kolaborasi antara Kementerian Perdagangan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Bank Indonesia.

Di sisi lain, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, Asosiasi Pertekstilan Indonesia, Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia, Indonesian Fashion Chamber (IFC), Islamic Fashion Institut (IFI), serta Institut Kesenian Jakarta (IKJ) turut mendukung berjalannya JMFW 2025.

Selanjutnya, sponsor-sponsor yang menunjang JMFW 2025 yaitu Wardah, Bank Syariah Indonesia (BSI), Toyota, Shop Tokopedia, UBS Gold, Avoskin, Viva Cosmetics, Century Textile Industry, Se'Indonesia, You.C1000, Amidis Indonesia, dan Grab Indonesia.

Acara ini juga bekerja sama dengan komunitas-komunitas yang meliputi Hijabersmom Community, Hijabers Community, Kreasi Mode Internasional, dan Rahasia Gadis untuk memperluas jangkauan dan keterlibatannya.




JMFW 2025 Hadirkan Karya Kreatif Siswa SMK dan Perguruan Tinggi Vokasi dari Padang Hingga Manokwari

Sebelumnya

Tips Memilih Warna Baju Sesuai Skin Tone

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga