Veronica Tan, salah satu srikandi yang masuk jajaran kabinet Prabowo. (Instagram/@veronicatan_official)
Veronica Tan, salah satu srikandi yang masuk jajaran kabinet Prabowo. (Instagram/@veronicatan_official)
KOMENTAR

PRESIDEN RI Terpilih Prabowo Subianto memanggil 49 calon Menteri dan kepala lembaga negara di kediaman pribadi, Jl. Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (14/10) malam.

Di antara 49 nama yang dipanggil, ada lima srikandi yang bakal menempati posisi Menteri di kabinet pemerintahan Prabowo.

Satu nama yang menjadi viral adalah mantan istri Basuki Tjahaja Purnama yaitu Veronica Tan. Mengenakan kemeja putih dan rok batik, Veronica tiba di kediaman Prabowo pada pukul 19.30 WIB. Pertemuan berlangsung singkat selama 20 menit.

Saat ditanya seputar pos menteri yang akan dijabat, Veronica tak menjawab secara spesifik. Ia hanya menyebutkan, “Untuk membantu ibu dan anak, saya bilang siap.”

Tak pelak, jawaban tersebut dikaitkan dengan jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Membantu masyarakat, terutama terkait kesejahteraan ibu dan anak-anak, memang bukan urusan baru bagi Veronica. Semasa menjadi istri Gubernur DKI Jakarta, ia merupakan Ketua TP PKK DKI Jakarta 2014-2019 yang bersentuhan langsung dengan upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga, terutama ibu dan anak.

Perempuan kelahiran Medan, 6 September 1977 ini adalah lulusan S1 Arsitektur Universita Pelita Harapan. Selepas berpisah dari Ahok, aktivitas sosial Veronica semakin meluas.

Di antaranya, ia merupakan penggagas Yayasan Waroeng Imaji yang aktif menggalang dana dan mempromosikan inisiatif melayani anak-anak di rumah susun di Jakarta. Ia ingin agar anak-anak yang tinggal di rumah susun tetap bisa menggapai Impian di bidang seni dan musik.

Waroeng Imaji juga bekerja sama dengan Universitas Bina Nusantara dalam membina dan memberdayakan masyarakat dalam edukasi seputar dongeng yang bermanfaat bagi pengembangan karakter dan kreativitas anak.

Ibu tiga orang anak yakni Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, dan Daud Albeenner Purnama ini juga pernah menjabat Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta.

Veronica juga termasuk salah satu pendiri LoveCare, sebuah layanan home care dalam bentuk aplikasi. LoveCare Indonesia menyediakan berbagai layanan home care mulai dari caregiver, wellness, katering sehat, hingga senior living.

Sebagai womanpreneur, Veronica juga diketahui memiliki bisnis daging impor, tepatnya daging wagyu, di bawah payung Alpha Agro Indonesia.




Duta Besar RI Lutfi Rauf Presentasikan Peluang Kerja Sama Ekonomi, Investasi, dan Perdagangan di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah

Sebelumnya

Sekjen D8 Usulkan Sekretariat Kamar Dagang D8 di Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News