Keindahan Tasmania (Canva/Grafis: Adelia)
Keindahan Tasmania (Canva/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

Tasmania merupakan pulau yang menjadi bagian negara Australia, terletak 240 km di selatan benua utama, dipisahkan oleh Selat Bass. Meskipun luas area sekitar 68.401 km², Tasmania merupakan pulau terbesar ke-26 di dunia dan negara terkecil di Australia. Kota terbesar di Tasmania adalah Hobart terletak di bagian tenggara pulau.

Populasi mencapai sekitar 541.000 jiwa (per 2021), dan sebagian besar penduduk terkonsentrasi di wilayah timur laut dan tenggara pulau.

Keindahan alamnya yang  dikenal masih terjaga. Hampir 42% semua wilayahnya dilindungi dalam taman nasional dan cagar alam. Pulau yang memiliki beragam ekosistem, mulai dari pegunungan, hutan hujan, pantai, hingga dataran tinggi.

Iklim di Tasmania tergolong sedang maritim, dengan empat musim yang berbeda. Suhu rata-rata di musim panas sekitar antara 17°C hingga 23°C, namun di musim dingin antara 3°C hingga 11°C.

Pulau Tasmania memiliki lanskap keindahan alam yang beragam, adapun dari pegunungan dengan hutan hijau lebat sampai pantai dengan laut biru yang sangat memesona.

Pulau ini juga memiliki flora dan fauna endemik. Selain keindahan alam, Pulau Tasmania juga memiliki kehidupan kota yang sangat menarik.

Adapun Launceston yang memiliki arsitektur bersejarah, museum, serta berbagai acara budaya yang unik. Wisatawan dapat menjelajahi pasar dan galeri seni, restoran, serta kafe selama mengunjungi kota.

Apa saja destinasi wisata yang ada di Tasmania? Berikut ini di antaranya:

Taman Nasional Cradle Mountain-Lake St Clair: Taman yang mencakup area seluas 1.614 km² dan merupakan bagian dari Wilayah Warisan Dunia Tasmania. Pemandangan pegunungan yang sangat indah, danau alpine, dan hutan hujan. Jalur hiking Overland Track sepanjang 65 km menawarkan pengalaman mendaki yang menantang.

Freycinet National Park: Pantai timur Tasmania  dikenal dengan formasi granit merah muda The Hazards yang menawarkan pantai berpasir putih, teluk yang tenang, dan perbukitan granit. Kunjungan dapat melakukan hiking, berenang atau bersantai dipantai

Bay of Fires: Wisatawan bisa mampir ke peternakan sapi Pyengana Dairy Farm. Ada juga pemerasan susu hingga proses pembuatan bermacam varian keju lezat. Sementara itu melanjutkan perjalanan Bridestowe Lavender Estate yang terkenal dengan keindahan hamparan bunga lavender.

Di tengah perjalanan, kalian akan dapat menemukan banyak rumah bersejarah yang menawan di kota Derby dan danau cantik berwarna biru kehijauan cerah, The Little Blue Lake.




Rujak Cingur yang Menggoda Selera

Sebelumnya

Machu Picchu nan Misterius

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon