Suasana Bincang Literasi di Festival Literasi Jakarta 2024 (17/10) di Taman Ismail Marzuki. (FARAH/Maulin)
Suasana Bincang Literasi di Festival Literasi Jakarta 2024 (17/10) di Taman Ismail Marzuki. (FARAH/Maulin)
KOMENTAR

FESTIVAL Literasi Jakarta yang digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat resmi dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta Firmansyah pada Rabu (16/10).

Mengusung tema ”Literasi Jakarta Membangun Indonesia” acara yang digelar selama empat hari (16-20 Oktober 2024) ini setiap harinya dipadati acara yang ditujukan terutama bagi para pelajar.

Kegiatan hari kedua Festival Literasi Jakarta 2024 dibuka dengan Dongeng berjudul “Berani Menjaga Diri” yang dibawakan Kak Palupi Mutiasih.

Selanjutnya ada Workshop Literasi dengan topik ”Teknik Menggambar” bersama Alnurul, serta Bincang Literasi ”Baca Novel Itu Perlu Ya!” bareng Puty Puar (Founder BBB) dan Ahmad Fuadi (Penulis Negeri 5 Menara) dengan moderator Hestia Istiviani selaku Duta Baca DKI Jakarta 2024.

Selanjutnya pada siang hingga sore hari, ada Launching Buku ”Bila Besok Ibu Tiada: Ide Kamu Bisa Jadi Cerita Film” dengan narasumber Agung Saputra (PH Leo Pictures) dan Nuy Nagiga (Penulis Buku). Dan penutup rangkaian Festival Literasi Jakarta hari kedua adalah acara Pentas oleh Teater Bebegig Sawah bersama Rian Hamzah dan kawan-kawan.

”Festival Literasi Jakarta awal muasalnya dari komunitas, mereka memiliki program untuk peningkatan kegemaran membaca warga Jakarta. Bisa dikatakan bahwa Festival Literasi berangkat dari masyarakat yang difasilitasi oleh pemerintah, kemudian dilaksanakan dari masyarakat untuk masyarakat,” papar Kepala Seksi Deposit Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta Priambodo saat ditemui Farah.id di TIM (17/10).

Ada fakta menarik seputar Festival Literasi Jakarta. Menurut Priambodo, acara tahunan Dispusip DKI Jakarta ini dua tahun lalu masih digelar dengan nama ”Jali Jali Fest”. Barulah di tahun ketiga pelaksanaannya, yaitu di tahun 2023, mulai berganti nama menjadi Festival Literasi Jakarta. Dan nama inilah yang dipakai hingga saat ini.

”Festival ini akan terus dilaksanakan karena menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat di Jakarta,” tegas Priambodo.

Acara Festival Literasi Jakarta terbuka untuk umum. Siapa pun boleh berkunjung ke acara yang diinisiasi Dispusip DKI Jakarta bekerja sama dengan para pegiat literasi di Jakarta ini.

Yuk, datang ke Festival Literasi Jakarta 2024 di Taman Ismail Marzuki dan jadilah anak bangsa yang maju dengan literasi!




Ekspansi Cabang Pertama di Jawa Tengah, The Aesthetics Skin Clinic Semarang Luncurkan Treatment Ultimate Salmon Glowtox

Sebelumnya

Bisnis Karpetnya Semakin Maju, Atta Ul Karim Diakui Sebagai Top 100 CEO Pakistan di Usia 31 Tahun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E