Prabowo Subianto membacakan Sumpah dan Janji Presiden di Gedung Nusantara DPR-MPR, Jakarta (20/10). (ANTARA)
Prabowo Subianto membacakan Sumpah dan Janji Presiden di Gedung Nusantara DPR-MPR, Jakarta (20/10). (ANTARA)
KOMENTAR

PASANGAN Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2024-2029 di Gedung Nusantara, kompleks DPR-MPR, Jakarta, pada Minggu (20/10).

Ketua MPR RI, Ahmad Muzani membuka rangkaian prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden. Prabowo-Gibran mengucapkan sumpah dan janji presiden dan wakil presiden sebagaimana diatur dalam Pasal 9 Undang Undang Dasar (UUD) 1945.

Prabowo selaku presiden terpilih mengucapkan, “Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.”

Sedangkan Gibran selaku wakil presiden terpilih mengucapkan, "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.”

Setelah Prabowo-Gibran menandatangani berita acara pelantikan, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo dan Gibran kemudian bertukar tempat duduk. Selanjutnya, Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdana sebagai Presiden ke-8 Indonesia.

Dalam pidato di hadapan anggota DPR-MPR, para perwakilan negara sahabat, juga para Prabowo membahas beragam isu mulai dari kemiskinan, swasembada pangan, swasembada energi, hilirisasi komoditas, pemberantasan korupsi, hingga kemerdekaan Palestina. Pidato berdurasi kurang dari 20 menit itu disampaikan secara lugas dan tegas.

Selain disaksikan oleh anggota DPR RI, DPD RI, para pejabat negara, tokoh publik, dan tamu kenegaraan dari negara-negara sahabat, rakyat di berbagai penjuru Nusantara juga menyaksikan momen bersejarah ini dari layar kaca.

Di Jakarta, rangkaian pelantikan presiden juga dimeriahkan dengan pesta rakyat di kawasan Senayan, FX Sudirman, hingga Monas. Setidaknya, ada 13 titik panggung pesta rakyat yang digelar pada pukul 08.00-16.00 WIB, menggantikan kegiatan car free day (CFD) yang ditiadakan.

Setelah pelantikan, Prabowo-Gibran berangkat ke Istana Merdeka untuk melakukan serah terima jabatan dengan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Prabowo kemudian melepas keberangkatan Jokowi menuju Solo di Bandara Halim Perdanakusuma.

Joko Widodo menyatakan, ”Menyerahkan seutuhnya impian, harapan, cita-cita besar dari 280 juta rakyat Indonesia kepada Prabowo.”

Menurutnya, pemerintahan Prabowo bakal dihadapkan pada tugas-tugas negara yang sangat besar dan segenap jajaran kabinetnya harus mampu mengakomodasi kepentingan semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali.




Selamat Kepada Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Sebelumnya

Dubes RI Kairo Apresiasi Budidaya Udang Vaname di Sulawesi Tengah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News