Talk show #RayakanUsahaBaik, persembahan ParagonCorp untuk pengusaha UKM Tanah Air. (Dok. ParagonCorp)
Talk show #RayakanUsahaBaik, persembahan ParagonCorp untuk pengusaha UKM Tanah Air. (Dok. ParagonCorp)
KOMENTAR

MERAYAKAN 40 tahun kiprahnya di industri kecantikan halal, ParagonCorp mengusung kampanye #RayakanUsahaBaik sebagai bentuk dukungan terhadap pengusaha mikro di Indonesia. Kampanye ini bertujuan untuk mengapresiasi dan memperkuat ekosistem UMKM halal agar lebih berdaya saing dan berkelanjutan. Salah satu inisiatif utama dalam kampanye ini adalah fasilitasi sertifikasi halal gratis bagi 4.040 UMKM, yang dilakukan melalui kolaborasi dengan BPJPH Halal Center.

UMKM memainkan peran strategis dalam ketahanan ekonomi nasional, berkontribusi besar terhadap PDB serta terbukti tangguh saat menghadapi krisis. Untuk mempercepat pertumbuhan UMKM halal, ParagonCorp mengadakan program Pelatihan UMKM: Rayakan Usaha Baik, sebuah forum edukatif yang mempertemukan pelaku usaha dengan para ahli industri, regulator, dan mitra bisnis. Acara ini berlangsung di Masjid Raya Bintaro Jaya pada 19 Maret 2025.

Pelatihan UMKM: Rayakan Usaha Baik bertujuan untuk:

  • Meningkatkan pemahaman UMKM tentang pentingnya sertifikasi halal.
  • Memberikan apresiasi kepada UMKM yang telah memperoleh sertifikasi halal.
  • Membangun kolaborasi lintas sektor guna memperkuat ekosistem bisnis halal.
  • Menggaungkan kampanye #RayakanUsahaBaik sebagai wujud penghargaan atas usaha yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sebagai bagian dari acara ini, sesi talkshow menghadirkan berbagai pemangku kepentingan untuk berbagi wawasan dan inspirasi bagi pelaku UMKM:

Rahmadi, S.Sos, M.Si (Asisten Deputi Legalitas dan Pelindungan Usaha Mikro) menegaskan, "UMKM memiliki peran penting dalam ketahanan ekonomi nasional. Dukungan terhadap sertifikasi halal menjadi langkah strategis agar UMKM semakin kompetitif dan mampu menembus pasar yang lebih luas. Kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan komunitas sangat dibutuhkan untuk mewujudkan ekosistem bisnis halal yang berkelanjutan."

A. Miftahuddin Amin (EVP & Chief of People and Business Ecosystem Development ParagonCorp) menyampaikan, "ParagonCorp percaya bahwa usaha kecil yang dimulai dengan niat baik dapat memberikan dampak besar. Dengan inovasi dan digitalisasi, UMKM dapat lebih cepat beradaptasi dan berkembang dalam ekosistem bisnis halal. Kampanye #RayakanUsahaBaik adalah ajakan bagi kita semua untuk menghargai setiap langkah kecil yang membawa manfaat besar."

Dhini Aminarti (Brand Ambassador Wardah & Pengusaha) menambahkan, "Dalam membangun usaha, niat baik adalah kunci utama. Dengan berpegang pada nilai-nilai Islam dan gaya hidup halal, UMKM dapat berkembang lebih berkelanjutan. Pemanfaatan platform digital juga menjadi strategi penting agar UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas."

Selain talkshow inspiratif, acara ini juga mencakup sesi pelatihan untuk UMKM yang disampaikan oleh Roy Nugroho (Director of Grab for Business) serta Dr. Susan Sutedjo, SE., MM., M.Ak., Ak., CA., BKP., ACPA., CPA (Aust.) (Ketua Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia – KAKJA IAI).

Sebagai bentuk nyata dukungan terhadap UMKM halal, ParagonCorp berkolaborasi dengan BPJPH Halal Center untuk memberikan manfaat berikut:

  • Sertifikat Halal GRATIS
  • Pelatihan Bisnis bersama Ahli
  • Networking Sesama UMKM

Dengan diadakannya pelatihan di Masjid Raya Bintaro Jaya, program ini menjadi langkah awal (Kick-off) dari rangkaian kegiatan yang memungkinkan UMKM di seluruh Indonesia untuk ikut serta dan mendapatkan manfaat dari inisiatif ini, berikut syarat dan ketentuanya

Syarat & Ketentuan:

Selain program sertifikasi halal dan pelatihan UMKM, ParagonCorp juga menghadirkan berbagai inisiatif lain selama Ramadan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, seperti Festival UMKM dan program Berbagi Sembako.

Melalui kampanye #RayakanUsahaBaik dan berbagai inisiatif yang dijalankan, ParagonCorp berharap semakin banyak UMKM yang tumbuh dan berkembang dalam ekosistem bisnis halal. Dengan kolaborasi lintas sektor, UMKM dapat menjadi pilar utama dalam membangun ekonomi yang lebih inklusif dan berdaya saing tinggi.

Tentang PT Paragon Technology & Innovation

PT Paragon Technology and Innovation (Paragon) merupakan perusahaan kosmetik Nasional terbesar di Indonesia yang menaungi brand Wardah, Make Over, Emina, Kahf, Putri, Laboré, Biodef, Instaperfect, Crystallure, Tavi, Wonderly, OMG, Beyondly dan Earth Love Life.

Berdiri sejak tahun 1985, Paragon telah mendapatkan sertifikat Good Manufacturing Practice (GMP) serta memiliki spesialisasi sebagai produsen kosmetik halal yang berusaha menyediakan produk personal care dan make-up sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia dengan harga terjangkau.

Paragon memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang berkomitmen untuk memiliki pengelolaan terbaik dan berkembang terus menerus dengan bersama-sama menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin melalui produk berkualitas yang memberikan manfaat bagi Paragonian, mitra, masyarakat, dan lingkungan. Dalam balutan lima nilai perusahaan (Ketuhanan, keteladanan, kerendahan hati, ketangguhan, dan inovasi), Paragon memiliki lebih dari 14.000 karyawan yang tiap tahunnya mampu memproduksi 135 juta produk personal care dan make-up.




Ramadan Penuh Cinta: MUZZ Luncurkan Kampanye Sosial untuk Membantu Sesama di Seluruh Dunia

Sebelumnya

Wardah Ajak Global Muslim Around the World Terus Bergerak untuk #MenangkanLangkahKebaikan melalui Wardah Global Qur’an Movement dan Open Iftar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E