MEMASUKI bulan suci Ramadan, jutaan Muslim di seluruh dunia merasakan tekanan inflasi. Harga makanan dan energi telah melonjak karena perang Rusia di Ukraina, efek berkepanjangan dari pandemi COVID-19, dan peristiwa terkait perubahan iklim membebani ekonomi global.
Negara-negara Global South – terutama di Timur Tengah, Asia dan Afrika, di mana sebagian besar Muslim dunia tinggal—juga termasuk yang paling terpukul oleh lonjakan harga dan kekurangan pasokan utama.
Program Pangan Dunia (WFP) memperkirakan bahwa 349 juta orang di 79 negara mengalami kerawanan pangan akut pada tahun 2022 dan lebih dari 140 juta membutuhkan bantuan. Jumlah tersebut diperkirakan tidak akan banyak berubah pada tahun 2023. Asia dan Afrika menjadi rumah bagi jumlah tertinggi dari orang yang kekurangan gizi.
Selama Ramadan, apakah harga makanan dan minuman yang lebih tinggi akan memaksa rumah tangga untuk mengurangi barang-barang tradisional termasuk kurma, kue, biskuit, dan jus manis, atau menggantinya dengan alternatif yang lebih murah?
Bagaimana krisis biaya hidup terjadi pada umat Islam di berbagai belahan dunia? Mungkinkah ini memiliki konsekuensi sosial lainnya? Dan bisakah badan amal membantu?
Jawaban singkatnya: Di seluruh negara yang dilanda harga rekor tinggi, banyak orang kemungkinan akan mengurangi perayaan Ramadan tradisional yang selama ini mereka jalani, mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga hadiah yang mereka. Kelompok bantuan sedang berjuang untuk mengatasi peningkatan permintaan bantuan.
Berikut ini sekilas kondisi yang dihadapi umat Muslim di berbagai penjuru dunia, dikutip dari Al Jazeera.
Timur Tengah: Orang tak punya uang lagi
Selain kekuatan global, ekonomi kawasan juga terpukul oleh faktor lokal, mulai dari perang hingga kekeringan dan bencana alam lainnya. Lebih dari 90 persen warga Suriah hidup di bawah garis kemiskinan saat ini, 12 tahun sejak dimulainya perang brutal di negara itu.
Krisis biaya hidup mereka diperkirakan akan memburuk setelah gempa bumi mematikan pada Februari yang telah menewaskan lebih dari 50.000 orang di Turki dan Suriah. Di Turki, tingkat inflasi bulan lalu mencapai 55 persen.
Di Mesir, di mana tingkat inflasi telah meningkat tajam, dan hampir menyentuh 32 persen pada bulan Februari, pemerintah mencoba turun tangan untuk melunakkan dampaknya terhadap orang miskin. Pasar Ramadan bertabur diskon, di mana bahan makanan seperti tepung, daging, dan pasta dijual dengan harga hingga 30 persen lebih rendah daripada di tempat lain.
Tetapi tidak ada negara di kawasan ini yang berjuang melawan krisis biaya hidup separah Lebanon dan dampaknya sangat terlihat selama Ramadan, dari meja makan hingga pertemuan sosial.
Lebanon, yang berada di tahun keempat krisis ekonomi, politik, dan sosial yang mendalam sementara juga menampung jumlah pengungsi per kapita terbesar di dunia, menderita inflasi tiga digit: 123 persen pada Januari!
American Near East Refugee Aid (ANERA), sebuah badan amal terkemuka yang bekerja di sana, pada tahun 2019 membelanjakan $50 untuk bingkisan makanan yang akan memenuhi kebutuhan dasar keluarga selama bulan Ramadan. Sekarang, organisasi menghabiskan dua sampai tiga kali dari jumlah itu.
Kerawanan pangan diperkirakan akan mempengaruhi 1,46 juta pengungsi Lebanon dan 800.000 pengungsi Suriah di Lebanon (42 persen dari total populasi negara itu) pada April 2023, menurut WFP.
Asia: Penghasilan kami tidak cukup
Pakistan, negara berpenduduk lebih dari 200 juta orang ini telah terpukul oleh tingkat inflasi yang melonjak, yang pada bulan Februari merupakan yang tertinggi dalam hampir setengah abad.
Sudah ditantang oleh krisis utang yang melumpuhkan, negara Asia Selatan itu menderita banjir dahsyat tahun lalu yang membuat lahan pertanian lebih luas dari wilayah Republik Ceko terendam, hingga menyebabkan kekurangan pangan yang parah.
Faktanya, para ekonom memperkirakan inflasi akan menjadi lebih buruk selama Ramadan, ketika harga pangan biasanya naik karena pengeluaran keluarga lebih banyak daripada yang seharusnya.
Sakib Sherani, seorang ekonom yang berbasis di Islamabad, mengatakan angka pemerintah menunjukkan daya beli rata-rata orang Pakistan telah terkikis lebih dari 40 persen selama setahun terakhir. Gambaran sebenarnya, terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah, bisa jauh lebih buruk.
Di Indonesia, yang memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, sebuah studi baru menemukan bahwa 70 persen konsumen Gen Z berencana untuk berbelanja lebih sedikit untuk diri mereka sendiri di bulan Ramadan ini, dibandingkan dengan tahun lalu.
Lebih dari sepertiga dari mereka yang disurvei mengatakan mereka tidak akan bepergian selama sebulan, dan 43 persen mengatakan mereka akan memotong pengeluaran untuk hadiah.
Pada 5,47 persen, tingkat inflasi Indonesia pada bulan Februari, meski jauh lebih rendah dari Pakistan, berada di atas tingkat yang ditentukan oleh bank sentral negara tersebut—dengan harga makanan dan minuman naik paling cepat menjelang Ramadan.
Sementara itu, di Bangladesh, Kementerian Perdagangan memperkirakan awal bulan ini bahwa permintaan komoditas penting, termasuk biskuit, roti, dan minyak, akan turun 20 persen pada Ramadan ini dibandingkan tahun lalu.
KOMENTAR ANDA